Sunday, July 9, 2017

[Format MS. Word] Asas-Asas Dalam Hukum Islam


Interaksi antar sesama manusia yang satu dengan yang lain merupakan suatu kegiatan manusia yang tidak dapat dipisahkan dan tidak dapat dihindarinya yakni sebagai makhluk sosial. Karenanya adalah untuk menuju kehidupan yang sesuai dengan yang diinginkan, memenuhi kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan dan keinginan manusia yang berbeda-beda itu sering menimbulkan konflik, pertengkaran bahkan saling membunuh. Dari sinilah muncul yang namannya hukum. Diharapkan akan mengatarkan suatu kehidupan yang tenang, damai dan sejahtera. Walaupun berbeda dengan yang lain akan tetapi kalau ada hukum maka akan diikatkan dirinya dengan hukum tersebut, sehingga perbedaan tersebut akan menjadi keindahan, saling berjalan tanpa ada gangguan dan hambatan, itulah tujuan adanya hukum.

Kemudian ada lagi perjanjian, ini merupakan sesuatu yang menghubungkan, menggabungkan atau ikatan supaya dalam melakukan suatu tujuan tersebut berjalan dengan lancar, sesuai dengan yang diinginkan bersama. Apalagi kalau dihubungkan dengan syariah, maka akan lebih khusus lagi didasarkan pada haluan aturan agama islam, yaitu agama yang dibawa Nabi Muhammad dengan kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman utamanya.

Perjanjian telah dikenal manusia sejak dulu kala. Namun pembahasan-pembahasan tentang sejarah perjanjian belum berhasil memberikan jawaban yang pasti tentang bagaimana timbulnya pemikiran tentang perjanjian dalam masyarakat dan apa sebab-sebab kelahirannya. Ada yang berpendapat bahwa bentuk perjanjian yang mula-mula timbul dalam masyarakat adalah barter. Kemudian lahirlah perjanjian dengan menggunakan uang. Dengan lahirnya uang, seseorang dapat membeli barang yang diperlukan dengan mudah, tanpa harus menukarkan barang yang dimilikinya.

Download:

0 comments:

Post a Comment